Reklamasi dan Rehabilitasi Lahan dengan Mesin Hydroseeding

Lahan bekas tambang  perlu dikembalikan untuk membuat ekosistem yang seimbang lagi setelah eksporasi alam. Hydroseeding adalah yang cepat, efektif dan relatif murah untuk menumbuhkan habitat baru yang dimulai dengan menumbuhkan tanaman perintis seperti rumput-rumputan.

Proses hydroseeding dilakukan denganpenanaman yang menggunakan campuran yang terdiri dari bibit dan zat tumbuh yang dibutuhkan untuk bibit tersebut.

Perlu alat khusus menerapkan proses hydroseeding mengingat lahan yang akan direklamasi biasanya tidak rata dan mempunyai medan yang sulit. Solusi tersebut bisa dengan menggunakan mesin hydroseeding/mulsa hidrolik. Mesin ini mampu menyemprokan bibit dan media yang telah dicampurkan dengan air dengan jangkauan yang cukup jauh hingga 50-70 meter.

Selain itu mesin hydrooseeding juga menghemat cost karena membutuhkan tenaga pengoperasi yang lebih sedikit dan mampu mengerjakan cakupan lahan yang luas dengan waktu yang cepat.

Di luar negeri, hydroseeding sudah sangat umum tidak hanya untuk metode reklamasi dan rehabilitasi lahan. Namun juga untuk penghijauan di wilayah urban, seperti penanaman rumput di  taman publik dan proyek perumahan baru.

Have your say